advertising Marketing

Display Ad Marketing

Ada banyak jenis metode marketing, salah satunya adalah display advertising marketing

Display advertising marketing ini yaitu iklan yang memunculkan iklan di situs internet dalam bentuk visual seperti gambar, ataupun video yang bertujuan untuk menarik engagement dari para pengguna internet agar bisa membeli produk tersebut. 

Nah biasanya display ad marketing ini adanya di website, facebook, instagram, dll.

Ada beberapa contoh dari display ad marketing, diantaranya yaitu:

  •           Banner ads: banner ads merupakan contoh display marketing yang paling sederhana karena terbilang biayanya yang cukup murah. Banner ads bisa terletak pada header, footer, atau pun sidebar website.
  •           Rich media ads: rich media ads merupakan iklan yang lebih variatif karena gabungan dari berbagai media seperti tulisan, gambar, audio visual, animasi, dan sebagainya.
  •           Video ads: video ads yaitu iklan atau layanan dalam bentuk video agar lebih menarik dan interaktif.
  •          Sponsorship: sponsorship adalah iklan yang terjadi karena adanya kesepakatan dari dua pihak untuk menjalin kerjasama.
  •         Advertising networks: advertising networks bisa dibilang merupakan sekumpulan situs yang dimana pengiklan mengendalikan semua iklan-iklannya.
  •         Advertising exchange: sebuah platform yang memudahkan pengiklan megontrol iklan mereka.

Table of Contents

Email Marketing

Email marketing merupakan salah satu strategi marketing juga yang dilakukan oleh perusahaan untuk menyebarkan iklannya melalui media surat elektronik atau biasa kita sebut e-mail. 

Email marketing disebut bisa menjadi taktik pemasaran yang cukup menjanjikan, karena perusahaan tidak memerlukan modal yang besar untuk melakukannya. 

Hanya dengan data email pengguna yang sudah terdaftar pada saat pembuatan akun perusahaan sudah bisa menyebarluaskan iklan produknya.

Spam

Spam adalah email komersial yang tidak diminta (kadang-kadang disebut sebagai email "sampah") dan spammer adalah orang yang mengirim email yang tidak diminta ke audiens massal yang belum menyatakan minatnya pada produk. 

Spam sebagian besar berasal dari jaringan bot yang terdiri dari ribuan PC yang ditangkap yang dapat memulai dan menyampaikan pesan spam. 

Spam bersifat musiman, dan bervariasi setiap bulan karena dampak teknologi baru (baik yang mendukung dan mengecilkan hati spammer), tuntutan baru, dan permintaan musiman untuk produk dan layanan. 

Tiga upaya untuk mengontrol spam sebagian besar gagal:

  • Peraturan Pemerintah (CAN-SPAM)
  • Hukum negara
  • Pengaturan mandiri sukarela oleh industri (DMA)

Traditional Online Marketing


  •           Affiliate Marketing
Pemasaran afiliasi adalah bentuk pemasaran di mana perusahaan membayar komisi, biasanya antara 4% hingga 20%, ke situs web lain (termasuk blog) untuk mengirim pelanggan ke situs web mereka. 

Pemasaran afiliasi umumnya melibatkan pembayaran untuk kinerja afiliasi atau jaringan afiliasi dibayar hanya jika pengguna mengklik tautan atau membeli produk.
  •           Viral Marketing
Pemasaran viral adalah bentuk pemasaran sosial yang melibatkan membuat pelanggan menyampaikan pesan pemasaran perusahaan kepada teman, keluarga, dan kolega. 

Hal ini adalah versi online dari iklan dari mulut ke mulut, yang menyebar lebih cepat dan lebih jauh daripada di dunia nyata. Di dunia offline, di samping televisi, dari mulut ke mulut adalah sarana terpenting kedua yang digunakan konsumen untuk mengetahui produk baru. 

Sebagai contoh, yaitu iklan video paling viral tahun 2015 adalah iklan untuk Android Google yang menampilkan pasangan mengejutkan dari berbagai spesies hewan, seperti gajah dan anjing, beruang, dan harimau, yang disetel ke lagu dari soundtrack film animasi Disney Robin Hood. Video itu dibagikan lebih dari 6,4 juta kali.

  •           Lead Generation Marketing
Pemasaran generasi prospek menggunakan beberapa kehadiran e-commerce untuk menghasilkan prospek bagi bisnis yang nantinya dapat dihubungi dan diubah menjadi pelanggan melalui panggilan penjualan, email, atau cara lain. 

Di satu sisi, semua kampanye pemasaran Internet berusaha mengembangkan prospek. 

Tetapi pemasaran generasi prospek adalah subset khusus dari industri pemasaran Internet yang menyediakan layanan konsultasi dan perangkat lunak untuk mengumpulkan dan mengelola prospek bagi perusahaan, dan mengubah prospek ini menjadi pelanggan.

Social Marketing and Advertising

Pemasaran sosial dan periklanan ini merupakan jenis pemasaran online yang tumbuh paling cepat pada saat ini. 

Jenis pemasaran ini memiliki target audiensi atau masyarakat dengan menjangkau yang sangat luas karena jenis pemasaran ini dilakukan secara online melalui jaringan sehingga dapat dilakukan secara luas. 

Social media marketing adalah sebuah karya pembuatan konten. Konten inilah yang akan membuat perhatian masyarakat.

Social Media Advertising merupakan pemasaran digital tempat kampanye iklan yang berbayar di platform media sosial untuk menjangkau target audiens.

Pemasar atau pengiklan dapat mempromosikan merk dan memberi inspirasi penjualan melalui saluran sosial yang sering digunakan audiens.

salah satu strategi marketing zaman sekarang menggunakan platform online blog sebagai media utama melakukan pemasaranya.

Sebuah bisnis harus menggunakan strategi pemasaran yang tepat. Pada era digital saat ini, strategi pemasaran yang efektif adalah blog marketing.

Blogger sebagai strategi pemasaran, dapat meningkatkan kepercayaan konsumen karena biasanya seorang blogger dapat melakukan uji coba pada produk maupun jasa yang ditawarkan juga dengan ulasan yang diberikan sebagai salah satu bentuk promosi.

Banyak orang lebih percaya pada blogger dibandingkan dengan influencer, karena blogger memiliki pemahaman atau pengetahuan terhadap suatu produk lebih luas dibandingkan dengan influencer yang seringkali tidak sesuai dengan bidang produk yang ditawarkan.

Platform yang ideal untuk memulai kampanye viral, produk dan bisnis yang viral akan tersebar dengan cepat ke semua platform media sosial yang sedang populer saat ini, mulai dari Tik Tok, Instagram, sampai twitter.

Mobile Marketing and Advertising

Mobile marketing atau pemasaran seluler adalah strategi pemasaran produk berupa layanan dan jasa dengan menggunakan perangkat seluler, seperti smartphone dan tablet.

Sasaran target mobile marketing yaitu pengguna perangkat tersebut. Aktivitas pemasarannya dilakukan pada fitur yang ada di ponsel, mulai dari SMS hingga notifikasi pesan.

Mobile advertising adalah berbagai bentuk iklan yang muncul di tablet atau handphone.

Pada umumnya pemasar yang menggunakan mobile advertising memasangkan iklannya dalam bentuk teks di SMS, video atau banner iklan yang muncul di situs web.

Bahkan, banyak periklanan mobile juga disematkan ke dalam games seluler.

Local Marketing

Pemasaran lokal merupakan pemasaran yang disesuaikan pada keinginan dan kebutuhan pasar lokal seperti kota atau lingkungan perumahan. 

Untuk membuat peluang tingkat konversi pelanggan secara lebih baik yaitu menjangkau pemasaran secara lokal dan personal.

Setiap wilayah geografis memiliki karakteristik karena masing-masing daerah memiliki kultur dan budaya sesuai wilayahnya.

Manfaat yang dirasakan dari pemasaran local dengan mengadaptasi aspek-aspek tertentu dari penawaran perusahaan seperti promosi, harga produk, merek mencerminkan keinginan dan kebutuhan konsumen. 

Adaptasi dapat bervariasi bergantung pada jenis penawaran perusahaan serta ukuran area lokal dan karakteristik lainnya.

Search engine marketing and advertising

SEM adalah mengoptimasi website agar meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian. dengan memanfaatkan iklan.

Apabila ada orang yang mencari kata kunci tersebut, website pengiklan akan muncul di hasil pencarian Google. Sehingga website dapat dilihat oleh orang (mendapat impresi). 

Dengan kata lain, dalam penerapan SEM dibutuhkan tips dan trik mengiklankan sebuah website secara tepat menggunakan berbagai metode, seperti Pay Per Click (PPC), dan sebagainya.

SEO adalah upaya mengoptimasi website untuk mendapatkan hasil peringkat teratas di pencarian. Jika posisi website berada di posisi hasil pencarian terbaik SERP

Orang lain akan memungkinkan menemukan website dengan mudah.

SEA adalah kepanjangan dari Search Engine Advertising atau Iklan Mesin Pencari dikenal juga sebagai iklan pencarian, iklan pencarian Internet, atau iklan pencarian online.

Berguna untuk menampilkan langsung iklan berbayar di antara hasil pencarian di Google.

Pengiklan yang menggunakan iklan pencarian menampilkan iklan mereka kepada pengguna yang secara aktif mencari kata kunci tertentu, dan membayar biaya setiap kali iklan diklik.

Jenis iklan PPC sangat efektif karena orang yang melakukan pencarian cenderung mengungkapkan banyak tentang maksud dan tujuan dengan permintaan pencarian mereka.

Tujuan SEM dan SEO memang sama, yaitu memunculkan website di halaman mesin pencari. Namun, kedua strategi ini memiliki perbedaan. 

Contohnya, tampilan yang muncul pada penerapan SEM yaitu memiliki tanda “Iklan” atau “Ad”. Biasanya iklan akan ditampilkan di posisi paling atas dibanding website yang tidak beriklan.

Sedangkan hasil pencarian dari SEO tidak ada tanda iklan di bawahnya. Website yang menerapkan SEO akan ditampilkan di bawah website yang menggunakan SEM.


Post a Comment