Display Ad Marketing
Ada banyak jenis metode marketing, salah satunya adalah display advertising marketing.
Display advertising marketing ini yaitu iklan yang memunculkan iklan di situs internet dalam bentuk visual seperti gambar, ataupun video yang bertujuan untuk menarik engagement dari para pengguna internet agar bisa membeli produk tersebut.
Nah biasanya display ad marketing ini adanya di website, facebook, instagram, dll.
Ada beberapa contoh dari
display ad marketing, diantaranya yaitu:
- Banner ads:
banner ads merupakan contoh display marketing yang paling sederhana
karena terbilang biayanya yang cukup murah. Banner ads bisa terletak pada header,
footer, atau pun sidebar website.
- Rich media ads: rich media ads
merupakan iklan yang lebih variatif karena gabungan dari berbagai media seperti
tulisan, gambar, audio visual, animasi, dan sebagainya.
- Video ads: video ads
yaitu iklan atau layanan dalam bentuk video agar lebih menarik dan interaktif.
- Sponsorship: sponsorship
adalah iklan yang terjadi karena adanya kesepakatan dari dua pihak untuk
menjalin kerjasama.
- Advertising networks:
advertising networks bisa dibilang merupakan sekumpulan situs yang
dimana pengiklan mengendalikan semua iklan-iklannya.
- Advertising exchange:
sebuah platform yang memudahkan pengiklan megontrol iklan mereka.
Email Marketing
Email marketing merupakan salah satu strategi marketing juga yang dilakukan oleh perusahaan untuk menyebarkan iklannya melalui media surat elektronik atau biasa kita sebut e-mail.
Email marketing disebut bisa menjadi taktik pemasaran yang cukup menjanjikan, karena perusahaan tidak memerlukan modal yang besar untuk melakukannya.
Hanya dengan data email pengguna yang sudah terdaftar pada
saat pembuatan akun perusahaan sudah bisa menyebarluaskan iklan produknya.
Spam
Spam adalah email komersial yang tidak diminta (kadang-kadang disebut sebagai email "sampah") dan spammer adalah orang yang mengirim email yang tidak diminta ke audiens massal yang belum menyatakan minatnya pada produk.
Spam sebagian besar berasal dari jaringan bot yang terdiri dari ribuan PC yang ditangkap yang dapat memulai dan menyampaikan pesan spam.
Spam bersifat musiman, dan bervariasi setiap bulan karena dampak teknologi baru (baik yang mendukung dan mengecilkan hati spammer), tuntutan baru, dan permintaan musiman untuk produk dan layanan.
Tiga upaya untuk mengontrol spam sebagian besar
gagal:
- Peraturan Pemerintah (CAN-SPAM)
- Hukum negara
- Pengaturan mandiri sukarela oleh industri (DMA)
Traditional Online Marketing
- Affiliate Marketing
- Viral Marketing
- Lead Generation Marketing
Social Marketing and Advertising
Pemasaran sosial dan periklanan ini merupakan jenis pemasaran online yang tumbuh paling cepat pada saat ini.Social media marketing adalah sebuah karya pembuatan
konten. Konten inilah yang akan membuat perhatian masyarakat.
Social Media Advertising merupakan pemasaran digital
tempat kampanye iklan yang berbayar di platform media sosial untuk menjangkau
target audiens.
Pemasar atau pengiklan dapat mempromosikan merk dan memberi
inspirasi penjualan melalui saluran sosial yang sering digunakan audiens.
salah
satu strategi marketing zaman sekarang menggunakan platform online blog sebagai
media utama melakukan pemasaranya.
Sebuah
bisnis harus menggunakan strategi pemasaran yang tepat. Pada era digital saat
ini, strategi pemasaran yang efektif adalah blog marketing.
Blogger sebagai strategi pemasaran, dapat meningkatkan
kepercayaan konsumen karena biasanya seorang blogger dapat melakukan uji
coba pada produk maupun jasa yang ditawarkan juga dengan ulasan yang diberikan
sebagai salah satu bentuk promosi.
Banyak orang lebih percaya pada blogger dibandingkan
dengan influencer, karena blogger memiliki pemahaman atau pengetahuan
terhadap suatu produk lebih luas dibandingkan dengan influencer yang
seringkali tidak sesuai dengan bidang produk yang ditawarkan.
Platform yang ideal untuk memulai kampanye viral, produk dan bisnis yang viral akan tersebar dengan cepat ke semua platform media sosial yang sedang populer saat ini, mulai dari Tik Tok, Instagram, sampai twitter.
Mobile Marketing and Advertising
Mobile marketing atau pemasaran seluler adalah strategi pemasaran
produk berupa layanan dan jasa dengan menggunakan perangkat
seluler, seperti smartphone dan tablet.
Sasaran
target mobile marketing yaitu pengguna perangkat tersebut. Aktivitas
pemasarannya dilakukan pada fitur yang ada di ponsel, mulai dari SMS hingga
notifikasi pesan.
Mobile
advertising adalah berbagai bentuk iklan yang muncul di tablet atau handphone.
Pada umumnya pemasar yang
menggunakan mobile advertising memasangkan iklannya dalam bentuk teks di
SMS, video atau banner iklan yang muncul di situs web.
Bahkan, banyak periklanan mobile juga
disematkan ke dalam games seluler.
Local Marketing
Pemasaran lokal merupakan
pemasaran yang disesuaikan pada keinginan dan kebutuhan pasar lokal seperti
kota atau lingkungan perumahan.
Untuk membuat peluang
tingkat konversi pelanggan secara lebih baik yaitu menjangkau pemasaran secara
lokal dan personal.
Setiap wilayah geografis
memiliki karakteristik karena masing-masing daerah memiliki kultur dan budaya
sesuai wilayahnya.
Manfaat yang dirasakan dari pemasaran local dengan mengadaptasi aspek-aspek tertentu dari penawaran perusahaan seperti promosi, harga produk, merek mencerminkan keinginan dan kebutuhan konsumen.
Adaptasi dapat bervariasi bergantung pada jenis penawaran perusahaan serta ukuran area lokal dan karakteristik lainnya.
Search engine marketing and advertising
SEM adalah mengoptimasi website agar meningkatkan
visibilitas website di hasil pencarian. dengan memanfaatkan iklan.
Apabila ada orang yang mencari kata kunci tersebut,
website pengiklan akan muncul di hasil pencarian Google. Sehingga website dapat
dilihat oleh orang (mendapat impresi).
Dengan kata lain, dalam penerapan SEM dibutuhkan tips
dan trik mengiklankan sebuah website secara tepat menggunakan
berbagai metode, seperti Pay Per Click (PPC), dan sebagainya.
SEO adalah upaya mengoptimasi website untuk
mendapatkan hasil peringkat teratas di pencarian. Jika posisi website
berada di posisi hasil pencarian terbaik SERP
Orang lain akan memungkinkan menemukan website
dengan mudah.
SEA adalah kepanjangan dari Search Engine
Advertising atau Iklan Mesin Pencari dikenal juga sebagai iklan pencarian,
iklan pencarian Internet, atau iklan pencarian online.
Berguna untuk menampilkan langsung iklan berbayar di
antara hasil pencarian di Google.
Pengiklan yang menggunakan iklan pencarian menampilkan
iklan mereka kepada pengguna yang secara aktif mencari kata kunci tertentu, dan
membayar biaya setiap kali iklan diklik.
Jenis iklan PPC sangat efektif karena orang yang
melakukan pencarian cenderung mengungkapkan banyak tentang maksud dan tujuan dengan
permintaan pencarian mereka.
Tujuan SEM dan SEO memang sama, yaitu memunculkan
website di halaman mesin pencari. Namun, kedua strategi ini memiliki perbedaan.
Contohnya, tampilan yang muncul pada penerapan SEM yaitu
memiliki tanda “Iklan” atau “Ad”. Biasanya iklan akan ditampilkan di posisi paling
atas dibanding website yang tidak beriklan.
Sedangkan hasil pencarian dari SEO tidak ada tanda
iklan di bawahnya. Website yang menerapkan SEO akan ditampilkan di bawah
website yang menggunakan SEM.








Post a Comment